Home

DAUN INSULIN dan DIABETES


DAUN INSULIN
 
yakon-usia-1bulan

 Tanaman Obat Yakon untuk pertama kalinya dibukukan pada tahun 1615 oleh kolumnis Guaman Poma dari Ayala, ketika ia mendaftarkan Yakon sebagai satu dari 55 tanaman asli dari Andes. Tanaman ini masih termasuk anggota dari keluarga bunga Matahari, dengan daun mirip seledri yang dapat tumbuh hingga 3 meter. Daun dan umbi Yakon terbukti telah terbukti memiliki nilai gizi dan obat yang baik untuk dibudidayakan dan diproses menjadi teh, sirup, pudding sampai selai.

Yakon, disebut juga dengan daun insulin, nama botaninya Smallanthus sonchifolia, tanaman asal Pegunungan Andes, Peru bisa untuk atasi kencing manis atau diabetes
 
Bagaimana Yakon dapat menyembuhkan Diabetes?
Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar. 
Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah. Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. Itu berarti yacon secara alami terbukti rendah kalori. Diungkapkan pula apabila sebuah stoples sirup Yakon dibandingkan dengan stoples madu berukuran sama, Yakon mengandung setengah kalori lebih rendah yang mana tidak akan menaikkan level glukosa darah. Selain itu, oligofructose menghasilkan bakteri menguntungkan dalam usus besar (prebiotik). Sebagaimana kita ketahui, minuman prebiotik modern seperti yogurt harus sengaja ditambahkan kandungan oligofructose-nya untuk mencapai manfaat yang sama, namun Yacon sudah memiliki kualitas sama secara alami. “Ini adalah makanan diet dan makanan diabetes,” kata Michael Hermann.
 
Efek hipoglikemik-penurun gula darah-Yakon juga pernah diuji oleh Manuel J Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina. Sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring. 
Peneliti Yakon itu juga menemukan jika daun Yakon digunakan sebagai teh, akan memiliki efek untuk mengurangi puncak kadar gula ketika kita menyantap makanan manis atau yang mengandung karbohidrat. Kadar gula yang tinggi merupakan masalah terbesar dari seorang penderita diabetes karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menggunakan insulin, hormon yang biasanya digunakan untuk memproses makanan.
 
Menurut orang-orang yang mengidap diabetes, penyakit ini tidak dapat di sembuh kan secara permanent. Cara yang efektif adalah mengontrol sendiri asupan makan an sehari-hari. 
Ada satu tumbuhan bernama pohon Insulin. Di sinyalir daun insulin dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan aman di konsumsi. Pohonnya mempunyai bunga berwarna kuning ( seperti bunga matahari) dan gampang sekali di tanam. Dapat tumbuh di daerah panas maupun bernuansa dingin seperti di daerah puncak. 
Cara mengkonsumsi daun insulin dengan merebus 3 sampai 5 lembar daunnya dengan air lebih kurang 1 liter. Direbus sampai air mendidih dan biarkan sampai lebih kurang 10 menit, baru api dimatikan. Dengan minum air rebusan ini setelah 3 hari khasiatnya akan terlihat. Akan tetapi seperti yang dipaparkan diatas, asupan makanan perlu di perhatikan juga pengontrolan secara rutin. Jika setelah mengkonsumsi rebusan air daun insulin kadar gula darah berada di bawah normal, maka hentikan sementara . Rasa air rebusan daun insulin sangat pahit ( bagi yang tidak tahan rasa pahit, akan sulit menelan air rebusan ini). Penyakit diabetes dapat berdampak pada datangnya penyakit yang lain. Seperti yang dialami oleh papaku, pendengarannya menjadi terganggu terutama pada frekwensi tinggi. Menurut dokter THT yang memeriksanya hal itu diakibatkan karena penyakit Diabetes dan tekanan darah tinggi. Sesungguhnya begitu banyak hasil alam Indonesia yang belum kita ketahui manfaatnya, contohnya pohon insulin ini. Semasa dari kecil, rasanya sudah tidak asing akan pohon ini. Hanya saja nama yang di kenal bukan pohon insulin dan sama sekali tidak dilirik oleh masyarakat walau hanya sebagai tanaman hias. Maklum …. bunganya tidak terlalu menarik dan sama sekali tidak menebarkan aroma harum seperti bunga mawar dan melati misalnya. Malah terkesan agak bau. Siapa sangka beberapa tahun terakhir ini pohon ini sengaja di budidayakan dan dari hasil browser baru di  ketahui ternyata obat tradisional ini sudah di racik dan di buat berbentuk kapsul yang siap di konsumsi. Dengan demikian rasa pahit dapat ditanggulangi dan bagi yang tidak tahan dengan rasa pahit dapat ikut mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.
 
Di sinyalir daun insulin dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan aman di konsumsi. 
 
Cara mengkonsumsi daun insulin dengan merebus 3 sampai 5 lembar daunnya dengan air lebih kurang 1 liter. Direbus sampai air mendidih dan biarkan sampai lebih kurang 10 menit, baru api dimatikan. Dengan minum air rebusan ini setelah 3 hari khasiatnya akan terlihat. Akan tetapi seperti yang dipaparkan diatas, asupan makanan perlu di perhatikan juga pengontrolan secara rutin. Jika setelah mengkonsumsi rebusan air daun insulin kadar gula darah berada di bawah normal, maka hentikan sementara . Rasa air rebusan daun insulin sangat pahit ( bagi yang tidak tahan rasa pahit, akan sulit menelan air rebusan ini). 
 
Penyakit diabetes dapat berdampak pada datangnya penyakit yang lain. Seperti , pendengarannya menjadi terganggu terutama pada frekwensi tinggi. Menurut dokter THT  hal itu diakibatkan karena penyakit Diabetes dan tekanan darah tinggi. 
 
Sesungguhnya begitu banyak hasil alam Indonesia yang belum kita ketahui manfaatnya, contohnya pohon insulin ini. Semasa dari kecil, rasanya sudah tidak asing akan pohon ini. Hanya saja nama yang di kenal bukan pohon insulin dan sama sekali tidak dilirik oleh masyarakat walau hanya sebagai tanaman hias. Maklum …. bunganya tidak terlalu menarik dan sama sekali tidak menebarkan aroma harum seperti bunga mawar dan melati misalnya. Malah terkesan agak bau. Siapa sangka beberapa tahun terakhir ini pohon ini sengaja di budidayakan dan dari hasil browser baru ku ketahui ternyata obat tradisional ini sudah di racik dan di buat berbentuk kapsul yang siap di konsumsi. Dengan demikian rasa pahit dapat ditanggulangi dan bagi yang tidak tahan dengan rasa pahit dapat ikut mengkonsumsinya. 
 
2. Apa manfaat daun insulin itu ? 
 
Minum daun insulin untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh oleh pankreas. akan tetapi apabila usus kita (usus halus) tidak dapat menyerap dengan maksimal akan tetap saja percuma.
 
Kalau masalah diabetes saya menganjurkan agar anda menangani masalah pencernaan terlebih dahulu, sebelum mengkonsumsi herba yang lain. Apa sebabnya ? Kita tahu bahwa perut adalah sumber penyakit ( lebih dari 80 % penyakit degeneratif termasuk diabetes berasal/disebabkan oleh karena pencernaan yang tidak sehat) 
 
Banyak orang bilang diabetes tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi kita harus percaya janji Tuhan bahwa Setiap Penyakit pasti ada obatnya. Obat yang utama adalah faktor psikologi si penderita. Sedangkan herba / obat lainnya hanya sebagian kecil dari proses penyembuhan dan Pencernaan perlu dibenahi terlebih dahulu 
 
Kandungan daun Yakon/insulin
 
Setiap 100 gr daun kering dari hasil penelitian pusat makanan jepang mengandung :

-Protein 12,8 gr
-Lemak 2,9 gr
-Karbohidrat 36,8 gr
-Serat 18,3 gr
-Zat penyamak 2,99 gr
-Natrium 10,7 gr
-Kalium 4970mg
-Kalsium 904 mg
-Magnesium 661 mg
-Zat besi 24,5 mg
-Seng 30,7 mg
 
 
 

12 Tanaman Penurun Kadar Gula Penderita Diabetes
 
Anda penderita Diabetes? Jika kadar gula darah Anda bermasalah, tak ada salahnya mencoba 10 bahan berikut yang membantu menurunkan gula darah, meningkatkan sensitifitas insulin, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, dan beberapa manfaat lain.
 
1. Gymnema Sylvestre
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: 200 - 250 miligram per hari
Gymnema SylvestreNama Hindi tumbuhan ini berarti ‘penghancur gula’, dan tanaman ini dikatakan memiliki kemampuan untuk menurunkan kemampuan mendeteksi rasa manis. Tanaman ini dianggap sebagai tanaman paling kuat untuk mengendalikan gula darah. Kemungkinan besar, cara kerjanya adalah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu sel tubuh untuk menggunakan glukosa atau dengan merangsang produksi insulin. Walaupun belum ada penelitian intensif, tapi belum ditemukan adanya efek samping serius untuk penggunaan tanaman ini.
 
2. Pare
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: 50 - 100 mililiter (3-6 sdm) jus per hari
Pare yang pahit ini dianggap mampu membantu sel menggunakan glukosa secara lebih efektif dan meredam penyerapan gula di dalam usus. Para peneliti di Filipina yang meneliti konsumsi pare kepada pria dan wanita dalam bentuk kapsul selama 3 bulan menemukan adanya penurunan gula darah, walaupun sedikit, tetapi konstan. Permasalahan yang muncul adalah masalah pencernaan, tapi tidak jelas apa.
 
3. Magnesium
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: 250 - 350 miligram per hari
Kekurangan magnesium tidak jarang ditemui sebagai salah satu penyebab diabetes, bahkan gejala ini memperburuk kondisi gula darah dan resistansi insulin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen magnesium dapat memperbaiki fungsi insulin dan menurunkan gula darah. Coba konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi insulin.
 
4. Prickly Pear Cactus (Daging buah kaktus)
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: jika dikonsumsi sebagai makanan, 150 gram rebusan kaktus per hari.
 
Buah matang dari kaktus ini mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bentuk yang bisa ditemui adalah dalam bentuk buah, atau jus, atau bubuk. Para peneliti menemukan bahwa buah ini menurunkan kadar gula darah karena adanya komponen yang mirip dengan insulin. Buah ini juga tinggi kadar seratnya.
 
 
5. Gamma-Linolenic Acid (Asam Linoleat Gamma)
 
Fungsi utama: Mengurangi sakit saraf
Dosis umum: 270 - 540 milligrams sekali per hari
Asam Linoleat Gamma, atau GLA adalah asam lemak yang ditemukan dalam minyak bunga evening primrose. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes adalah orang yang memiliki level GLA rendah dalam darah, dan penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini dapat menurunkan, bahkan mencegah sakit di saraf yang muncul akibat diabetes
 
6. Chromium (Krom)
 
Fungsi utama: Menurunkan kadar gula
Dosis umum: 200 mikrogram per hari.
 
Mineral ini dianggap mampu meningkatkan kinerja insulin dan terlibat juga dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa penelituan menunjukkan bahwa mineral ini membantu menurunkan gula darah, tapi hanya untuk mereka yang memang kekurangan krom.
 
7. Bilberry
 
Fungsi utama: Melindungi mata dan syaraf
Dosis umum: 80-120 miligram standar billberry extract per hari.
Saudara blueberry ini memiliki antioksidan kuat dalam buah dan daunnya. Antioksidan yang dinamai antosianidin ini, membantu mencegah kerusakan sel darah kecil yang dapat merusak saraf dan retina mata. Penelitian terhadap hewan menunjukkan adanya penurunan gula darah juga akibat konsumsi buah
 
 
8. Alpha-Lipoic Acid (Asam Alpha Lopoic)
 
Fungsi utama: Mengurangi rasa sakit syaraf, dan menurunkan kadar gula darah
Dosis umum: 600-800 miligram per hari.
 
Disingkat ALA, bahan yang mirip vitamin ini menetralkan berbagai radikal bebas. Pembentukan radikal bebas adalah salah satu faktor peningkatan gula darah, dapat membuat kerusakan saraf dan berbagai masalah lain. ALA jg mampu membantu sel otot untuk menyerap gula darah. Di salah satu penelitian di Jerman, sekelompok peneliti memerika 40 orang dewasa yang mengkonsumsi ALA dan placebo. Di akhir studi selama 4 minggu, ditemukan bahwa ALA meningkatkan sensitifitas insulin sebanyak 27 persen.
 
 
9. Fenugreek
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: 5 sampai 30 gram setuap makan, atau 15 sampai 90 gr per hari.
Biji-bijian yang digunakan sebagai bumbu masakan India ini mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin, dan menurunkan kolesterol, menurut beberapa penelitian. Efek ini mungkin timbul karena tingginya kadar serat. Bijinya jg mengandung asam amino yang meningkatkan produksi insulin. Di salah satu penelitian terhadap fenugreek, 60 orang yang mengkonsumsi 25 gr bumbu ini menunjukkan peningkatan yang baik terhadap pengendalian gula darah.
 
 
10. Ginseng
 
Fungsi utama: Menurunkan gula darah
Dosis umum: 1-3 gram per hari dalam bentuk kapsul atau tablet, 3-5 mililiter dalam bentuk tincture 3kali sehari.
Dikenal karena kemampuannya yang mendorong sistem kekebalan tubuh, ginseng ini memiliki beberapa hasil positif mengenai diabetes. Para peneliti menemukan bahwa ginseng memperlambat penyerapan karbohidrat, meningkatkan kemampuan sel dalam menyerap glukosa, dan meningkatkan pelepasan insulin dari pankreas. Ditemukan juga di Toronto dalam suatu penelitian, bahwa ginseng mampu menurunkan kadar gula sampai 15-20 persen.
 
Tak ada salahnya Anda mencoba suplemen alami tersebut, tapi ada baiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsinya. Jika tidak ada perubahan setelah satu atau dua bulan, hentikan dan jangan buang-bunga lagi uang Anda. Salam sehat! 
 
11. Umbi Pohon Insulin
 
http://indodiabetes.com/wp-content/uploads/2009/02/yakon-daun-insulin.jpg
 
Yakon, disebut juga dengan daun insulin, nama botaninya Smallanthus sonchifolia, tanaman asal Pegunungan Andes, Peru bisa untuk atasi kencing manis atau diabetes (Yakon dibaca: yakong). Tanaman ini memang baru dikebunkan di Indonesia kira-kira 2-3 tahun lampau sehingga namanya masih asing. Bandung dan Yogyakarta sentra pengembangan yakon. Umbi yakon berwarna cokelat berbentuk mirip singkong. Daging umbi putih kekuningan dan manis.
 
Bagaimana Yakon atau Smallanthus sonchifolia dapat menyembuhkan diabetes? Menurut Dr Sri Widowati, peneliti di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor, yakon kaya insulin yang unit-unitnya terdiri dari gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi difermentasi oleh usus besar. Oleh karena itu konsumsi yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. 
 
Efek hipoglikemik-penurun gula darah-yakon juga diuji oleh Manuel J. Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina. Sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring.
 
Lima daun arboloco-sebutan yakon di Kolombia-dijemur terbalik. Setelah kering, digerus hingga menghasilkan 15 gram. Serbuk daun tanaman itu dilarutkan dalam 600 ml air mendidih. Air berwarna hijau pekat itu diminum 3 kali sehari: pagi, siang, dan malam. Selain itu anda bisa rutin mengkonsumsi daun yakon.
 
CARA PENGOLAHAN UMBI YAKON
 
1. Ambil beberapa umbi yakon
2. Kupas kulit umbi dan cuci hingga bersih.
3. Siapkan beberapa buah jeruk nipis atau jeruk lemon.
4. Masukan buah umbi yakon tersebut ke dalam blender & perasan buah jeruk nipis atau jeruk lemon lalu blender hinnga halus.
5. Tambahkan sedikit air lalu atau es batu blender lagi hinga halus menjadi jus.
6. Jus yakon pun siap disajikan. 
7.Minum jus yakon 2 kali sehari berkhasiat bagi penurunan gula darah serta mencegah dan mengobati penyakit dibetes.
 
12. Daun Afrika Selatan
Tunas daun afrika selatan

 

Di Cina Daun Afrika Selatan ternyata sudah sejak dulu dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman obat yang sangat mujarab. Mereka menyebutnya Nan Fei Shu. Di sebagian daratan Cina ada yang menyebut Nan Hui Ye. Konon tanaman ini dahulu digunakan oleh kalangan petinggi di lingkungan kekaisaran Cina sebagai obat untuk berbagai penyakit. Sehingga para petinggi pada masa kekaisaran Cina banyak yang menanam Nan Fei Shu di halaman belakang rumah.
Di Asia Tenggara sendiri, terutama di Malaysia dan Singapura, Daun Afrika Selatan sudah banyak sekali digunakan. Sebagian masyarakat Malaysia menyebutnya dengan "Daun Kupu kupu" (butterfly leave) Kegunaan yang paling menonjol adalah untuk pengobatan diabetes, hipertensi, mengurangi kolesterol jahat, asam urat, pengerasan hati bahkan kanker hati dan pembuangan racun dari tubuh (detoksifikasi). Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan Daun Afrika Selatan ini misalnya untuk raumatik, susah tidur, kesemutan, demam, pusing kepala, menghilangkan flek flek hitam silinder, infeksi kerongkongan, menghilangkan dahak, melancarkan buang airseni, menguatkan fungsi lambung, batuk, menguatkan fungsi paru-paru dan masih ada beberapa lagi.
 
 
 
sumber:wiahartono.blogspot.com